Pertempuran Karbala

Pertempuran Karbala terjadi pada tanggal 10 Muharram, tahun ke-61 dari kalender Islam (9 atau 10 Oktober 680) di Karbala, yang sekarang terletak di Irak. Pertempuran terjadi antara pendukung dan keluarga dari cucu Muhammad, Husain bin Ali dengan pasukan militer yang dikirim oleh Yazid bin Muawiyah, Khalifah Bani Umayyah saat itu.

Pihak Husain terdiri dari anggota-anggota terhormat keluarga dekat Muhammad, sekitar 128 orang, beberapa yang sudah berumur (90+ tahun) atau terlalu muda (6 bulan). Husain dan beberapa anggota juga diikuti oleh beberapa wanita dan anak-anak dari keluarganya. Di pihak lain, pasukan bersenjata Yazid I dipimpin oleh Umar bin Sa’ad.

Alasan terjadinya pertempuran ini adalah adanya desakan Yazid kepada Husain untuk menerima dan membai’at Yazid sebagai penguasa yang sah. Husain yang merupakan cucu dari Nabi Muhammad menolak melakukan hal tersebut dan ia kemudian pergi ke Mekkah dan kemudian ke Kufah bersama keluarganya. Dalam perjalanan ke Kufah inilah kafilah Husain berhasil dicegat oleh pasukan Umayyah di Karbala.

Pertempuran ini kemudian diperingati setiap tahunnya selama 10 hari yang dilakukan pada bulan Muharram oleh Muslim Syi’ah seperti halnya segolongan Sunni, dimana puncaknya pada hari kesepuluh, Hari Asyura.

Tentang danyalmim

saya berjuang untuk menjadi manusia
Pos ini dipublikasikan di Karbala. Tandai permalink.

6 Balasan ke Pertempuran Karbala

  1. ferozanino berkata:

    Ungkaplah sjarah yang jujur tentang smua, karena sjarah yang skarang merupakan sejarah rekayasa demi kepentingan politik, yang mana politik itu berlandaskan kepada ajaran Dajjal…

  2. ferozanino berkata:

    dan ajaran dajjal itu dicetuskan oleh Muhammad bin Abdul Wahhab, bekerja sama dengan keluarga su’ud. mereka adalah yahudi berkedok islam yang membantai jutaan ummat muslim di jazirah arab.

  3. muhamad harun berkata:

    sdraku mari kita melihat kedepan bahwa musuh kita hari ini bukan syiah atau yang lainnya, melainkan negara-negara Amerika dan sekutunya, lihat negara iran sekarg sdah diembargo, lalu mau diserang amerika dan israel. bersatulah warga syiah dan sunni diseluruh dunia ini semua rekayasa sejarah yang dilakukan barat dengan penuh kebohongan

  4. muhamad harun berkata:

    mari bersatu untuk melawan kezhaliman yang dilakukan oleh bangsa barat terhadap dunia islam. bersatulah syiah dan sunni

  5. hambaliblog berkata:

    KATAKAN YANG BENAR DAN KATAKAN PULA YANG SALAH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s