Akal VS Fikiran

Salam sejahtera untuk saudara-saudara di seluruh lapisan jagad. Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini kami akan mencoba mengupas salah satu topik yang kelihatannya cukup menarik untuk dibahas. Apa itu akal dan apa itu fikiran? pasti jarang sekali terlintas di benak kita bahwa dua kata akal dan fikiran mempunyai arti yang sangat berbeda. Berikut penjelasannya.

Akal adalah suatu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk membedakan yang salah dan yang benar serta menganalisis sesuatu yang kemampuannya sangat tergantung luas pengalaman dan tingkat pendidikan, formal maupun informal, dari manusia pemiliknya. Jadi, akal bisa didefinisikan sebagai salah satu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk mengingat, menyimpulkan, menganalisis, menilai apakah sesuai benar atau salah. Akal hanya sebatas untuk menganalisa apa-apa yang  ada di dunia ini, akal tidak akan mampu menganalisa apa-apa yang berhubungan dengan kehidupan di akhirat, akal tidak akan mampu menganalisa bagaimana jagad raya ini terbentuk, bagaiman awal penciptaan manusia.

fikiran adalah sebuah bentuk pemikiran yang bukan lahir dari akal manusia tapi fikiran adalah sebuah pemikiran yang berasal dari hati nurani kemudian dilahirkan dan secara otomatis akal akan mendukung jalan dari pemikiran dapat dikatakan bahwa akal tidak akan mampu menjangkau fikiran, fikiran merupakan suatu petunjuk dari hati nurani dan apa-apa yang berasal dari hati nurani tidak akan pernah salah, meskipun hasil yang diperoleh secara akal tidak memuaskan namun pasti akan ada hikmah dan kebaikan yang jauh lebih besar.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kebenaran dari akal hanya sebatas hukum alam, sedangkan fikiran kebenarannya di luar dari jangkauan akal, fikiran manusia tidak terbatas luas bagaikan samudera. Yang terlahir dari akal tidak akan selalu membawa kebaikan namun yang terlahir dari fikiran akan selalu membawa kebaikan.

Tentang danyalmim

saya berjuang untuk menjadi manusia
Pos ini dipublikasikan di Akal Vs Fikiran. Tandai permalink.

4 Balasan ke Akal VS Fikiran

  1. nawirbiz berkata:

    baru tau…
    selama ini aku kira 22 nya sama saja
    thank’s tuk infonya

  2. LN berkata:

    kalau akal & fikiran taka ada, apa yg ada mas ….?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s