Masjid

Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan – kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Masjid berarti tempat beribadah. Akar kata dari masjid adalah sajada dimana sajada berarti sujud atau tunduk. Kata masjid sendiri berakar dari bahasa Aram. Kata masgid (m-s-g-d) ditemukan dalam sebuah inskripsi dari abad ke 5 Sebelum Masehi. Kata masgid (m-s-g-d) ini berarti “tiang suci” atau “tempat sembahan”. Kata masjid dalam bahasa Inggris disebut mosque. Kata mosque ini berasal dari kata mezquita dalam bahasa Spanyol. Dan kata mosque kemudian menjadi populer dan dipakai dalam bahasa Inggris secara luas.

penjelasan tentang pengertian masjid di atas merupakan penjelasan masjid secara fisik dan secara umum saja. Banyak sekali yang perlu digali lebih dalam untuk memaknai kata masjid. Masjid adalah tempat ibadah, dimanapun si fulan berada di situ pula sebagai masjidnya, di mana saja dan dalam keadaan apa saja di situlah tempat si fulan untuk bersujud. Dimana pun si fulan berada ia selalu menjadi tiang yang suci untuk sekitarnya. Masjid terdapat dalam diri kita masing-masing, tempat kita bersujud tempat kita memuji. Rasul pernah bersabda “esok pada zaman akhir akan banyak sekali masjid yang megah namun tidak ada satupun yang sholat di dalamnya”. Kalau dilihat secara zahir tetap ada yang shalat tapi di dalam dirinya tidak sholat. Semoga penggalan artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

Tentang danyalmim

saya berjuang untuk menjadi manusia
Pos ini dipublikasikan di Masjid. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Masjid

  1. Achmad Rifkha Yusuf berkata:

    Masjid / Mesjid = Mim = Subjek / Seseorang Yang Akan Melakukan, Asjada Yasjudu Yang Pada Pokok Inti Sujud = Seseorang Yang Akan Melakukan Ketunduk Patuhan / Ibadah / Pengabdian Nya. Jadi Mesjid / Masjid Adalah Tempat Orang Yang Akan Melakukan Ketunduk Patuhan / Ibadah / Pengabdian / Ritual / Ritus Pada Tuhan Nya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s