IDUL ADHA

Idul Adha (di Republik Indonesia, Hari Raya Haji, bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Sebenarnya makna Idul Adha atau hari raya kurban jika digali lagi lebih dalam masih mempunyai makna yang jauh lebih penting. Nabi Ibrahim mendapat perintah untuk menyembelih Ismail yang saat itu masih kecil dan Nabi Ibrahim sangat menyayanginya, ingatlah bagian dari jiwaku, janganlah mencintai atau menyayangi sesuatu melebihi rasa sayang dan cinta kita kepada Allah SWT. Untuk menuju ke jalan Allah memang butuh pengorbanan, untuk mencapai kesempurnaan maka tidak ada satu pun duniawi yang akan menempel pada manusia. Cinta memang butuh pengorbanan dan kelak Allah pasti akan menggantinya, kebahagiaan yang abadi.

 

Tentang danyalmim

saya berjuang untuk menjadi manusia
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s