Wali Allah?

Salam saudara-saudara di seluruh nusantara, izinkan kami untuk mengucap kalimat “selamat tahun baru islam, semoga menjadi awal yang indah bagi kita semua”. Pada kesempatan yang begitu mulia ini kami ingin berbagi pengetahuan tentang sesuatu yang telah lama dan sampai sekarang tetap ada.

SIAPAKAH WALI ALLAH?

أَلاَ إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ ﴿٦٢﴾ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

(Ertinya): “Ketahuilah sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati, iaitu orang-orang yang beriman dan mereka senantiasa bertaqwa”. (QS. Yunus: 62-63)

Wali Allah adalah seorang insan yang telah mengenal dan dekat dengan Tuhannya, atau dalam bahasa jawa sudah “nyawiji”, yang artinya telah menjadi satu, apakah kalau menyatu dengan Allah maka ia menjadi Tuhan? tentu saja bukan seperti itu. Seorang mendapat gelar wali Allah bukan manusia yang memberi gelar, tapi Allah sendiri, biasanya Wali mempunyai karomah atau kelebihan yang tidak diduga-duga. Nah, hati-hati dalam mengartikan karomah, karomah merupakan pemberian dari Allah dan biasanya karomah hanya terjadi satu kali dan tidak akan berkali-kali, kalau sampai terjadi berkali-kali berarti bukan karomah, tapi itu sudah ilmu dan dengan daya upaya nafsu dan akal. Seorang yang menyandang gelar wali akan senantiasa menghabiskan waktunya untuk memuji Allah di manapun, kapanpun, dan dalam kondisi apapun, segala urusan keduniawian telah ditanggung oleh Allah maka tentu saja ia tidak akan pernah terpikir akan urusan keduniawian, termasuk perasaan susah, sedih, dan kekhawatiran, hanya cinta hingga gila akan Allah yang ia pegang. Ketika seorang menyandang gelar wali perkataannya hampir menjadi kenyataan, itulah yang disebut “nyawiji”, karena lidah Allah berada di atas lidahnya. Apakah kita wajib mencintai wali Allah? karena Wali Allah tidak semuanya bisa ketahui artinya ada yang mashur dan ada yang mastur maka alangkah indahnya jika cinta ini kita tujukan kepada Allah dan Muhammad, pasti kita akan dikumpulkan dengan orang-orang yang dicintaiNya.

Tentang danyalmim

saya berjuang untuk menjadi manusia
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Wali Allah?

  1. Cak Hamid Madura berkata:

    Trim’s ‘tentang danyalmin’ telah dilaksanakan pd antum perintah-NYA (untuk membagikan Ilmu) pd yg belum mengetahui.
    dan maaf sblmnya ane untuk mengcopy.

    salam,
    cak hamid madura.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s