(Jasad, Jisim, Ruh)

Salam Saudara..
Lagi-lagi ingin membahas sebuah topik yang tak ada habisnya untuk dibahas. Jasad, Jisim, dan Ruh, mereka adalah penyusun manusia, ketiganya hidup, ketiganya, mempunyai tugasnya masing-masing, dan ketiganya adalah satu.
Jika diibaratkan sebuah kendaraan, saya ambil contoh mobil, ketika mobil dinyalakan, namun tidak ada seorang supir di dalamnya, apakah mobil itu masih tetap akan menyala? ya tentu masih, namun mobil itu tidak akan dapat bergerak kemanapun, begitu pula dengan manusia, banyak yang berfikiran bahwa ketika ruh meninggalkan jasad manusia akan mati, tapi pada kenyataannya bagi sebagian orang yang diberikan izin untuk melakukan perjalanan ruh orang itu bukan mati, namun jasadnya hanya tidak dapat bergerak atau cara gampangnya ia sedang tertidur, namun tidak tidur. Ruh tadi diibaratkan sebagai supir bagi kendaraan jasad dan jisim.

Sejatinya ruh manusia dilahirka ke bumi ini adalah dalam kondisi beriman, tanpa diajari masalah keimanan pun, ruh manusia sudah beriman, namun nafsu kita yang ada di bagian jisim yang menutupi dan menjadi hijab, sehingga ada istilah tidak beriman. Untuk membatasi ruang gerak nafsu maka muncullah hukum, untuk memenuhi kebutuhan jasad maka dilakukanlah kewajiban sesuai dengan tuntunan agama. Ruh, yang bertugas sebagai pemimpin bagi jasad dan jisim.

Bersambung…

Tentang danyalmim

saya berjuang untuk menjadi manusia
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

5 Balasan ke (Jasad, Jisim, Ruh)

  1. Obee berkata:

    jarang orang tahu informasi sprti ini,saya jadi terkesan….maaf…

  2. danyalmim berkata:

    iya, tidak perlu minta maaf

  3. itulah rotasi pergerakan manusia sesungguhnya.yang di rekomendasikan oleh beberapa asfek peran.terutama ruh,yaitu mesin

  4. Asbud berkata:

    Maaf mau nanya, apakah yang dimaksud dengan jisim ahad, dan bagaimana bacaan dari jisim ahad tersebut. Mohon pencerahannya….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s